Wedang Pekak Khas Kabupaten Demak Dan Khasiatnya

Wedang Pekak Khas Kabupaten Demak Dan Khasiatnya

13/09/2019 0 By xtrempoint
Share:

Wedang Pekak merupakan Minuman khas tradisional di kabupaten Demak, Jawa Tengah. Selain cocok diminum saat udara dingin atau malam hari. Minuman ini juga memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan.

Dinamakan Wedang Pekak, karena bahan pembuatannya memakai Kembang Lawang atau pekak sejenis rempah yang memiliki rasa yang mirip dengan Adas manis.

Dinegara Cina, pekak digunakan sebagai bumbu masakan tradisional. Bunga lawang atau pekak ini dalam bahasa Tionghoa disebut “ba Jio” yang diterjemahkan bunga bertanduk delapan. Ciri dari bunga ini memilki bau yang sangat kuat walaupun sudah dikeringkan.

Di Indonesia, bumbu ini digunakan di beberapa daerah yang memiliki ciri khas masakan berbumbu tajam. Misalnya saja gulai Aceh, Rendang Minang, masakan Jawa, dan Bali.

Bunga Lawang atau Pekak/Dok. Repro

Selain menyedapkan masakan, bunga lawang juga memiliki khasiat kesehatan. Bumbu ini baik untuk mengatasi gangguan pencernaan dan memiliki fungsi diuretik atau melancarkan saluran kencing

Kandungan asam shikimat (shikimic acid) dalam bunga lawang membuat rempah ini dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuat obat antiflu burung, tamiflu. Hal ini menyebabkan stoknya sempat menghilang dari pasaran dan harganya melambung.

Teh dari bunga lawang juga bisa dijadikan obat batuk. Minyaknya juga bisa mengurangi gejala mual-mual bagi ibu yang sedang mengandung.

Bahan-bahan untuk membuat wedang pekak antara lain gula putih, air, serai, daun pandan, cengkih, buah pekak, jahe, merica bubuk, dan kayu manis.

Cara memasak

Semua bahan, dimasukkan ke dalam air dan rebus sampai mendidih. Tunggu kira-kira 5 menit sambil diaduk. Angkat dan saring. Semua bahan II dikeringkan lebih dulu lalu dihaluskan. Masukkan ke dalam air, gula, yang dihaluskan tadi dan rebus sampai mendidih. Tunggu beberapa menit sambil diaduk. Angkat dan saring.

Wedang Pekak khas Kabupaten Demak siap untuk dinikmati.


Share: