TMC [Sudan] Tangkap Oknum Militer Atas Tuduhan Pembunuhan Rakyat Sipil

TMC [Sudan] Tangkap Oknum Militer Atas Tuduhan Pembunuhan Rakyat Sipil

11/06/2019 0 By Redaktur: Robert M
Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

XTREMPOINT.COM – Dewan Militer Transisi Sudan (TMC) menegaskan, pihaknya telah menangkap beberapa anggota militer dengan tuduhan menggunakan cara-cara kekuatan represif untuk membubarkan aksi demonstrasi dinegara itu.

Sebelumnya massa aksi yang duduk selama berminggu-minggu di luar gedung Kementerian Pertahanan di ibukota Khartoum dibubarkan otoritas keamanan dengan cara brutal.

Pada hari Kamis, Kementerian Kesehatan Sudan mengatakan bahwa 46 orang telah tewas oleh militer Sudan dalam tindakan keras terhadap protes anti-pemerintah.

“Komisi investigasi bersama telah dibentuk. Komisi sudah mulai menangani kasus-kasus tersebut dan telah menemukan bukti awal tentang kesalahan [anggota militer yang dituduh] … Mereka telah ditahan dan akan segera dipindahkan ke otoritas kehakiman, “Kata TMC dalam sebuah pernyataan.

Dewan mengatakan akan merilis hasil akhir dari penyelidikan dalam 72 jam.

Protes rakyat yang sudah berlangsung lama di Sudan memuncak dalam kudeta militer pada 11 April, ketika Presiden Omar Bashir saat itu digulingkan dan ditahan.

TMC kemudian mengambil alih dan berjanji untuk menyelenggarakan pemilihan presiden baru dalam waktu dua tahun. Sementara itu para pengunjuk rasa tetap menggelar aksi di jalan-jalan menuntut agar militer menyerahkan kekuasaan kepada otoritas [email protected] [V1M/SPT].

0Shares