Polisi Lambat Antisipasi Kerusuhan Yang Dibuat Sekelompok Pemuda Di Surabaya Barat

Polisi Lambat Antisipasi Kerusuhan Yang Dibuat Sekelompok Pemuda Di Surabaya Barat

11/10/2019 0 By Redaktur: Junaedi S
Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

XTREMPOINT.COM – Pihak kepolisian sektor Wiyung dan Lakar Santri Surabaya, dinilai lambat merespon kerusuhan yang dilakukan puluhan kelompok pemuda saat melakukan penyenyerangan warga di Lidah Wetan, Kecamatan Lakar Santri Surabaya.

Pernyataan itu diutarakan praktisi hukum dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Tri Daya Cakt, Hermawan Benhard Manurung. Menurut dia, Polsek Wiyung dan Lakar Santri harusnya dapat memprediksi potensi kerusuhan saat kelompok pemuda yang identik dari perguruan silat itu melakukan konvoi di wilayah hukum mereka.

“Saat konvoi, harus nya duo kepolisian sektor Wiyung dan Lakar santri sudah bisa memprediksi adanya potensi ke onaran yang bakal ditimbulkan, mereka seharusnya melakukan pengawalan,”kata Benhard, Jumat (11/10).

Baca:  Sekelompok Pemuda Diduga Dari Perguruan Silat Serang Warga & Pesilat Lain Di Lidah Wetan

Bahkan, hingga dua hari insiden penyerangan, polisi masih belum mengetahui kronologi pasti akan aksi kerusuhan yang dibuat kelompok pemuda tersebut.

Kapolsek Lakar Santri AKP Palma F Fahlevi menyatakan baru memeriksa beberapa orang saksi yang mengetahui insiden penyerangan itu.

“Kami masih periksa saksi-saksi yang mengetahui kejadian pada malam itu,”Kata dia.

Dari informasi yang dihimpun, awal insien penyerangan terjadi pada Rabu Malam pukul 22:30 WIB, sekitar 70 orang pemuda berpakaian serba hitam yang identik dengan perguruan silat melakukan konvoi dengan menggeber motor dari arah Jl Raya Babatan menuju ke barat Jl. Lidah Wetan, Surabaya.

Baca:  Polisi Dalami Kematian Dua Orang Warga Lidah Kulon Yang Diduga Akibat Miras Oplosan

Sesampainya di depan perumahan, mereka kemudian melakukan penyerangan pada salah seorang warga.

Selain menyerang warga, kelompok pemuda itu juga melakukan penyerangan pada puluhan kelompok pemuda lain yang sedang ngopi di Warkop sebelah barat kantor Kelurahan Lidah Wetan.

Kelompok pemuda yang diserang tersebut juga bukan merupakan warga Lidah Wetan, Surabaya.

Dari insiden brutal itu, setidaknya satu orang mengalami luka bacok akibat sabetan senjata tajam, hingga harus dilarikan ke Rumah [email protected] [Red].

Shares