Polemik Rekonsiliasi, Moeldoko Berbeda Pandangan Dengan PDIP

Polemik Rekonsiliasi, Moeldoko Berbeda Pandangan Dengan PDIP

06/07/2019 0 By Verified: Briyan M
Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

XTREMPOINT.COM – Pentolan PDIP Zuhairi Misrawi menganggap rekonsiliasi paska Pilpres 2019 mesti terus digaungkan, meskipun ada beberapa pihak yang menilai langkah rekonsiliasi menghambat kemajuan Negara.

Misrawi dalam hal ini bersebrangan pemikiran dengan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, yang terkesan apatis menyikapi rekonsiliasi.

“Rekonsiliasi itu harus terus kita gaungkan. Karena kita akan gagal kalau kita tidak mampu membangun rekonsiliasi dalam konteks bangsa. Karena begitu banyak masalah yang kita hadapi,” kata Zuhairi dalam diskusi publik bertajuk “Ribut Rebut Kursi Menteri” di Jalan Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (5/7).

Zuhairi mengatakan, rekonsiliasi sepertinya menjadi sebuah keharusan bagi sesama anak bangsa. Sebab, karakteristik bangsa Indonesia adalah gotong-royong dan hidup rukun.

“Selanjutnya yang jadi konsern bersama itu ada rekonsiliasi kita sebagai bangsa. Karena bagaimanapun peradaan bangsa ini adalah peradaaan gotong royong, peradaaban Pancasila, peradaan persatuan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Zuhairi sangat mengapresiasi pihak-pihak yang memiliki inisiatif untuk mewujudkan rekonsiliasi nasional. Jika tidak, hal itu akan sedikit banyaknya memiliki dampak bagi negara Indonesia.

Sikap kenegarawanan juga ditunjukkan Wakil Presiden Terpilih Ma’ruf Amin. pihaknya akan membicarakan kelompok atau partai politik yang ingin melakukan rekonsiliasi. Selain itu, akan dibicarakan pula tentang kemungkinan parpol yang menjadi oposisi.

Dia menuturkan, rekonsiliasi itu harus dimaknai sebagai langkah partai politik menjadi satu kembali untuk membangun bangsa. Sehingga, tak bisa diartikan sebagai cara untuk bagi-bagi kursi.

“Saya kira rekonsiliasi tentu kita harus satu ya, kan rekonsiliasi itu Pak Jokowi bilang tak berarti bagi-bagi kursi. Rekonsiliasi itu untuk menyatukan langkah supaya kita bersama-sama membangun negeri ini,” tandas Ma’[email protected] [Tm/Jn].

0Shares