Pengadilan Negeri Surabaya Jatuhkan Vonis Seumur Hidup Pada Liang

Pengadilan Negeri Surabaya Jatuhkan Vonis Seumur Hidup Pada Liang

10/09/2019 1 By Redaktur: Junaedi S
Share:

XTREMPOINT.COM – Pengadilan Negeri (PN) Surabaya menjatuhkan vonis pidana seumur hidup atas terdakwa Herman Sudjiono alias Liang, kurir 30 Kilogram narkotika jenis sabu.

Majelis hakim pimpinan Dede Suryaman menyatakan, perbuatan terdakwa memenuhi unsur pidana yang termuat dalam pasal 114 ayat (2) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika.

“Mengadili, menghukum terdakwa Herman Sudjiono alias Liang dengan pidana penjara seumur hidup,”kata hakim Dede Suryaman, membacakan amar putusannya, Selasa siang (10/9)

Vonis itu sesuai dengan tuntutan Jaksa, yang pada persidangan sebelumnya menuntut terdakwa dengan tuntutan seumur hidup.

Dalam pertimbangannya, majelis hakim tidak menemukan hal-hal yang meringankan, baik alasan pemaaf atau pembenar yang dapat membebaskan terdakwa Liang dari sanksi hukuman.

Melalui penasehat hukumnya Victor A Sinaga, terdakwa Liang, langsung menyatakan bakal menempuh upaya hukum banding.

Victor menerangkan, dalam kasus ini kliennya hanyalah pesuruh dari Boby, bandar sabu yang saat ini ditetapkan sebagai DPO oleh Polisi.

Dari jasa kurir itu, Boby menurut Victor mendapat upah Rp. 10 Juta. Sedangkan pihak bandar sebelumnya menjanjikan uang Rp. 75 Juta.

“Dia bukan aktor, dia hanya dikasih uang 10 juta dari yang dijanjikan 75 juta. Dengan dasar itulah kami nyatakan banding. Dan saya minta agar Boby segera ditangkap,”kata dia.

Sebelumnya, Warga jalan Dian Indah Kelurahan Babakan Kecamatan Ciparay, Bandung ini ditangkap oleh Polisi di Ruko Gunung Anyar Jaya Green City Kav 52 Surabaya.

Liang ditangkap pada pada 31 Januari 2019 lalu oleh petugas gabungan dari Mabes Polri dan Polda Jatim.

Dari tangan terdakwa, Petugas menemukan sabu seberat 30 Kilogram yang ditaruh terdakwa Herman Sudjiono alias Liang di dalam 22 kardus.

Rencananya, sabu sebanyak itu bakal ia edarkan di wilayah Surabaya dan [email protected] [Rep].


Share: