Onta dan Domba

Onta dan Domba

23/08/2019 0 By xtrempoint
Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sejak jaman dulu yang namanya Onta dan Domba ini sangat unik, sebab keduanya memiliki nilai-nilai tersendiri mulai dari bulunya sampai tulang maupun maaf kotorannya bisa dimanfaatkan oleh manusia.

Keduanya membawa banyak manfaat bagi manusia, seiring perjalanan waktu harga jualnyapun mahal. Perkembangan jaman dan nilai-nila keberadaban manusia semakin tinggi tak menutup kemungkinan bercermin dari onta dan domba ini yang sebenarnya keduanya dapat memberikan manfaat bagi manusia, namun karena keAkuannya/Ego maka lupa keberadaan dari onta dan domba ini kalau mau berjiwa besar dan mengakui bahwa keduanya bukanlah seauatu ancaman/buas ,onta dan domba ini tidak buas tidak ganas keduanya ini sangat lembut terkesan damai tidak menakutkan,mengapa manusia jaman sekarang ini seolah-olah menciptakan kalau onta atau domba ini seperti suatu yang tidak pernah akur, dan sebuah ancaman hal ini semuanya kembali dari paradigma berpikir dan respons kita sebagai manusia yang semakinhari nila keberadabannya tinggi bukannya semakin merosot.

Kenapa harus menciptakan hal-hal yang dapat mengakibatkan perdebatan, perselisihan, bahkan permusuhan.

Marilah mulai sekarang kita mulai belajar berpikir jernih dan jangan jadikan pola pikir manusia-manusia lainnya terkotori/tercemari, terracuni dengan karena mengangap pikiran kita sendiri ini yang paling Benar, lantas mulai ajak sana sini agar pola pikirnya sama dengan apa yang kita pikirkan.

Jika seperti itu adanya berarti pola pikir manusia bisa distel bagaikan robot yang diremote kontrol waduh,ya mau bicara apalagi manusia bukan lagi sebagai manusia yang disebut insan bebas merdeka namun tanpa disadari sudah mejadi sebuah Mesin.

Biarlah kebebasan keyakinan seseorang/masyarakat tentang Onta dan Domba ini menentukan dan memutuskannya sendiri-sendiri tanpa harus kita paksa untuk menuruti keyakinan/pemahaman kita, jika mereka sudah paham dan tau sendiri keuntungan dan manfaat dari keduannya, maka mereka sendirilah yang akan memutuskan mau mau pilih Onta atau Domba.

Mungkin kalau milih onta kadangnya harus besar,makannanya juga harus diperhitungkan, biaya pemeliharaanya juga besar sebaliknya dengan Domba juga demikian dari sini kita akan menemukan nilai-nilai bijak sebagai seorang insan yang di Muliakan ALLAH’TA’ALA….Belajar mensikapi segala hal tidak dengan arogan dan kesombongan…siappun, apapun yang namanya Manusia masih saja sama-sama pernah berbuat Dosa dan kesalahan,sebab namanya aja masih manusia.coba tanyakan pada diri kita sendiri, pernahkah kita melakukan suatu perbuatan tercela yang orang lain tidak mengetahuinya. Jangan kita merasa paling benar, paling pintar .paling suci dll…..kita semua saling asah asih asuh dan tetap belajar tidak ada yang namanya sudah hebat dan pintar.semuanya masih perlu belajar dan belajar.

0Shares