Sen. Jul 22nd, 2019

XTREMPOINT

Detik-Detik Yang Berarti

Mensos Beri Bantuan 1,5 Miliar Untuk Penanganan Banjir Konawe Utara

2 min read
Kunjungan Mensos Agung Gumiwang Memberikan Bantuan sosial sebesar 3,6 Miliar

Foto: Kresno Aji

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

XTREMPOINT.COM – Menteri Sosial (Mensos.red), Agus Gumiwang Kartasasmita tiba di Kota Kendari dalam rangka kunjungan kerja. Kedatangan Mensos disambut Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara Ali Mazi, Walikota Kendari Sulkarnain, Kapolres Kendari serta sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Mensos menyerahkan bantuan penanganan bencana banjir di Kabupaten Konawe Utara senilai Rp. 1,5 Miliar lebih dan bantuan penanganan konflik sosial yang terjadi di Kabupaten Buton senilai Rp 2,1 Miliar lebih.

Akibat kondisi cuaca buruk, Mensos yang direncanakan akan menyerahkan secara langsung bantuan tersebut di lokasi banjir Kabupaten Konawe Utara akhirnya batal, sehingga bantuan itu diserahkan secara simbolis kepada Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi di posko utama bantuan korban banjir di Markas Korem 143 Halu Oleo, Kota Kendari, Rabu (12/06) pagi.

“Bantuan yang kami serahkan ini masing-masing bantuan logistik tanggap darurat sebesar Rp 1.084.217 dan bantuan perlengkapan pengungsi senilai Rp 450.120.000. Bantuan tahap pertama ini, berupa lauk pauk, tenda, baju, selimut serta perlengkapan pengungsi untuk membersihkan rumah warga dari sisa banjir seperti sapu, ember dan perlengkapan rumah tangga lainnya,” terang Mensos.

Banjir di Konawe Utara/dok. Kresno Aji

Selain korban bencana banjir, Mensos RI juga menyerahkan bantuan penanganan konflik sosial yang terjadi di Kabupaten Buton senilai Rp 2.193.349.625, dengan rincian, logistik tanggap darurat Rp 943.349.625, santunan ahli waris 2 korban kerusuhan Rp 30.000.000, bantuan keserasian Rp 150.000.000, bantuan kearifan lokal 2 kelompok Rp 100.000.000, bantuan bahan bangunan 53 unit rumah (Rp 15.000.000)/unit rumah total Rp 955.000.000 dan bantuan usaha eknonomi produktif 3 unit  Rp 15.000.000.

Penyerahan bantuan secara simbolis itu, disaksikan Walikota Kendari, Kepala Basarnas Kendari, Danlanal Kendari, Danrem 143 HO Kendari, Danlanud, serta pejabat dari Kementerian Sosial RI.

Setelah menyerahkan bantuan tersebut, Mensos yang juga di dampingi Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial, Harry Hikmat langsung mengunjungi lokasi banjir akibat luapan sungai Wanggu di Kelurahan Lepo-lepo, Kecamatan Baruga, Kota Kendari, hari ini.

Setiba di lokasi banjir, Mensos langsung menuju ke titik banjir dan mendatangi sejumlah tenda darurat pengungsi di bahu jalan raya serta berdiskusi dengan beberapa pengungsi.

“Yang pasti bantuan yang dibutuhkan pengungsi terdampak banjir, semoga ini bermanfaat. Tadi saya liat airnya mulai surut, semoga ini turun permanen sehingga warga bisa beraktivitas kembali,” ucap [email protected] [Aji/Jn]


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Pilihan Pembaca