Manfaat Dan Cara Konsumsi Herbal Sambiroto

Manfaat Dan Cara Konsumsi Herbal Sambiroto

10/09/2019 0 By xtrempoint
Share:

Tumbuhan Sambiroto atau Sambiloto sudah banyak yang mengetahui akan keguanaanya. di Jawa, tumbuhan ini dikenal dengan nama “paitan”. Julukan itu diberikan karena rasa Sambiloto yang memang rasanya luar biasa pahitnya.

Dibalik kepahitannya itu, tumbuhan yang pada umumnya ditemukan di dataran rendah itu memiliki khasiat yang luar bisa. Diantaranya mencegah pembentukan radang, memperlancar air seni (diuretika), menurunkan panas badan (antipiretika), obat sakit perut, kencing manis, dan terkena racun.

Kandungan senyawa kalium pada sambiloto memberikan khasiat menurunkan tekanan darah.

“Hasil percobaan farmakologi menunjukkan bahwa air rebusan daun sambiloto 10% dengan takaran 0.3 ml/kg berat badan dapat memberikan penurunan kadar gula darah yang sebanding dengan pemberian suspensi glibenclamid,” [Mursito, B: Ramuan Tradisional untuk Penyakit Malaria, halaman 73-75. Penebar Swadaya. Jakarta. 2002].

Daun sambiloto juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit flu. Sejenis infeksi virus yang ditandai dengan gejala seperti demam, sakit kepala, nyeri, bersin-bersin, batuk, dan kedinginan. Mengkonsumsi sambiloto dapat menurunkan semua gejala tersebut. Penulis dalam hal ini sudah membuktikannya.

Dilansir Suara.com, daun Sambiloto juga dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Daun sambiloto juga ampuh untuk mengeluarkan racun dan zat-zat berbahaya lainnya dari dalam tubuh.

Efek detoksifikasi ini tentunya mampu dalam menjaga tubuh Anda menjadi lebih seha. Di beberapa area, bahkan daun sambiloto merupakan obat herbal atas gigitan ular dan hewan beracun lainnya.

Cara Pengolahan Daun Sambiloto

  • Sediakan daun sambiloto yang sudah kering sebanyak 10 gram.
  • Semua bahan yang sudah di sediakan di cuci bersih.
  • Lalu rebus dengan air sebanyak 4 gelas.
  • Tunggu sampe airnya mendidih & tersisa hanya 2 gelas.
  • Saring air rebusannya, lalu dinginkan.

Air rebusan sambiloto sudah siap di konsumsi.


Share: