Laporkan 3 Media, Sutradara Film Livi Zheng Kembali Viral

Laporkan 3 Media, Sutradara Film Livi Zheng Kembali Viral

10/09/2019 0 By Redaktur: Junaedi S
Share:

XTREMPOINT.COM – Sutradara Film asal Blitar, Jawatimur Livi Zheng, kembali viral di media setelah ia melaporkan tiga portal media online ke Dewan Pers. Artikel dalam tiga media itu dinilai Livi sebagai upaya pembunuhan karakter.

Nama Livi Zeng mulai melejit pada 2018 lalu, saat itu ia menggarab film pendek berdurasi 4 menit di daerah kelahirannya, dengan menggandeng Pemkab Blitar.

Film pendek itu diklaim Livi bakal diputar di Los Angles, Amerika. Livi menyatakan film yang ia buat itu untuk mengenalkan dan memasarkan kearifan lokal dan obyek wisata yang ada di Blitar.

Seluruh media kala itu serentak memberitakan penggaraban film pendek yang dibuat Livi. Karena mendapat dukungan pemkab, sang sutradara tidak harus report dengan urusan biaya dan persiapan lainnya.

Film pendek itu kemudian dipromosikan di Los Angles pada Rabu (2/5/2018) lalu. Livi dalam filmnya mengangkat tiga sudut pandang di Kabupaten Blitar, yakni Pantai Serang, Perkebunan Teh Sirah Kencong, dan Candi Penataran. Livi menyebutnya “Triangle Diamond”.

Bupati Blitar Drs. H. Rijanto. MM dan rombongannya yang berjumlah 17 orang juga hadir dalam pemutaran film bertema “Amazing Blitar” itu.

Selain Bupati Blitar, pemutaran film juga dihadiri oleh Dino Patti Djalal dan Anis Baswedan, dimana keduanya juga memberi sambutan.

Tidak gratisan, untuk pemutaran sekaligus promosi film berdurasi 4 menit di Los Angles itu Pemkab Blitar menggelontorkan dana sebesar Rp. 700 juta. Hal itulah yang kemudian dikritisi beberapa pihak.

Pada pertengahan Maret lalu, Livi Zheng menerima penghargaan sebagai Tourism Marketeers of The Year 2019 di acara WOW Brand Festive Day 2019 oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah AAGN Puspayoga.

Livi Zheng bersama Wapres Jusuf Kalla

Kemudian, pada bulan Februari Livi Zheng menemui Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla (JK) di Jakarta. JK memberi respon positif terhadap karya yang dibuat oleh Livi Zheng.

Dia juga mengungkapkan bahwa film adalah salah satu sarana ampuh untuk memperkenalkan Indonesia dan keragaman budayanya di dunia internasional. Sehingga Indonesia lebih dikenal lagi dari pada sekedar Bali.

Anggaran Pemkab Blitar Di Soal

Rombongan Bupati Blitar di Los Angles

Aktivis Komite Rakyat Pemberantas Korupsi (KRPK) Triyanto, menyoal anggaran dana sebesar Rp. 700 juta yang digelontorkan oleh Pemkab Blitar untuk promosi film pendek karya Livi Zheng.

Dia bahkan membawa persoalan penggunaan anggaran kerjasama Pemkab Blitar dengan sutradara Livi Zheng ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Menurut Triyanto, Target yang ingin dicapai dalam kerjasama harus jelas dan terukur. Bukan sekedar mendapat tontonan Kabupaten Blitar dalam versi durasi tidak lebih 4 menit sambil berglorifikasi dengan sang sutradara.

Kalau tujuannya hanya sekedar membuat terkenal, sambung Triyanto, Blitar dari dulu sudah populer. Dan karena ada uang negara yang mengucur, output atau dampak yang ditimbulkan harus lebih konkrit.

“Kalau sampai sekarang tidak ada outputnya, ya jelas lucu, “ujar Triyanto, dialnsir [email protected] [Dem]


Share: