Kasus Amblesnya Jalan Raya Gubeng Disidangkan, Ini Pasal Dakwaannya

Kasus Amblesnya Jalan Raya Gubeng Disidangkan, Ini Pasal Dakwaannya

07/10/2019 0 By Redaktur: Junaedi S
Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

XTREMPOINT.COM – Kasus amblesnya Jalan Raya Gubeng mulai disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Senin (7/10). Enam orang terdakwa dalam kasus ini diperiksa majelis hakim secara terpisah.

Tiga orang terdakwa oleh Jaksa Penuntut Umum Rakhmad Hari Basuki dijadikan satu berkas dalam surat dakwaannnya, mereka antara lain Budi Susilo yang menjabat Direktur PT Nusa Kontruksi Enjineering (NKE), Rendro Widyoko (Project Manager PT NKE), dan Aris Priyannto (Site Manager PT NKE).

Baca:  Amblesnya Jalan gubeng, Siapa Saja Yang Terlibat Dan Sampai Dimana Kasus Ini?

Sedangkan dalam surat dakwaan kedua memuat nama tiga terdakwa lainnya yakni, Ruby Hidayat (Project Manager PT Saputra Karya), Lawi Asmar Handrian (Struktur Enjeneering Supervisor PT Saputra Karya), dan Aditya Kurniawan (Struktur Supervisor PT Saputra Karya).

Meskipun dipisah dengan berkas yang berbeda, namun ke-enam terdakwa didakwa dengan dakwaan yang sama, yakni melakukan, atau menyuruh dan turut serta dengan sengaja merusak bangunan yang menimbulkam bahaya bagi keamanan lalu lintas.

Baca:  PN Surabaya Segera Sidangkan Kasus Amblesnya Jalan Gubeng

“Para terdakwa telah melanggar sebagaimana diatur dalam Pasal 192 ke-2 KUHP atau Pasal 63 ayat (1) UU NO 38 Tahun 2004 tentang jalan.” Kata Jaksa Hari Basuki membacakan surat dakwaannya.

Sementara itu, untuk berkas dakwaan yang kedua ada Pasal tambahan seperti Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP tentang turut serta melakukan dugakan tindak pidana yang sama.

Seperti diketahui, Kasus amblesnya Jalan Raya Gubeng terjadi pada 19 Desember 2018 silam. Pihak kepolisian kemudian menutup sementara akses jalan selama 10 hari untuk kepentingan penyelidikan.

Baca:  PN Surabaya Segera Sidangkan Kasus Amblesnya Jalan Gubeng

Setelah memeriksa 40 orang saksi secara maraton. Penyidik Polda Jatim akhirnya menetapkan 6 orang tersangka yang saat ini sudah menjadi terdakwa di kursi pesakitan PN Sura[email protected] [Jn]

Shares