Jaksa Belum Siap Tuntut Gus Nur

Jaksa Belum Siap Tuntut Gus Nur

15/08/2019 0 By Redaktur: Junaedi S
Share:

XTREMPOINT.COM – Sidang agenda tuntutan pada terdakwa Sugi Nuraharja alias (Gus Nur) yang rencananya digelar hari ini di Pengadilan Negari (PN) Surabaya, Kamis (15/8) di tunda.

Kepastian penundaan itu diungkap kuasa hukum Gus Nur, Andry Ermawan SH. Menurutnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Muhammad Nizar, dari Kejati Jatim belum siap dengan surat tuntutannya.

“Iya, ditunda selama dua Minggu, JPU belum siap dengan tuntutannya,”terang Andry, Kamis (15/8).

Majelis hakim pimpinan Slamet Riyadi, sebelumnya juga mewanti-wanti kepada Penuntut Umum agar memastikan tuntutan supaya persidangan tidak tertunda kembali.

“Jangan sampai ditunda lagi ya,” kata hakim Slamet Riyadi mengingatkan Jaksa.

Hal senada juga disampaikan Andry Ermawan, pihaknya menyayangkan proses penundaan ini, secara tidak langsung dianggapnya dapat mempengaruhi skedule dakwah Gus Nur.

“Molor lagi dua minggu, tentunya ini mengganggu jadwal dakwah Gus Nur,” paparnya.

Pada pekan sebelumnya, Gus Nur Juga menyayangkan seringnya penundaan sidang yang mayoritas dilakukan oleh penuntut umum.

“Kami menyayangkan hal ini berulang. Yang dirugikan bukan hanya kami, tapi majelis juga, karena beliau tentu memiliki agenda yang banyak, dan pemeriksaan perkara-perkara yang lain jadi terganggu,” tegasnya.

Kasus Gus Nur ini berawal dari laporan koordinator Forum Pembela Kader Muda NU yang sekaligus Wakil Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim.

Gus Nur dilaporkan karena video blog (vlog) dengan judul Generasi Muda NU Penjilat. Vlog itu diunggah Gus Nur di akun youtube pada 20 Mei 2018.

Dalam perkara ini, Sugi Nur Raharja alias Gus Nur didakwa Pasal 45 ayat (3) Jo Pasal 27 ayat (3) UU No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi [email protected] [Rep].


Share: