Gus Dur Bikin Fidel Castro Terpingkal Karena Mendiang BJ Habibie

Gus Dur Bikin Fidel Castro Terpingkal Karena Mendiang BJ Habibie

12/09/2019 0 By xtrempoint
Share:

XTREMPOINT.COM – Bapak Teknologi Indonesia yang juga merupakan mantan Presiden Republik Indonesia (RI) BJ Habibie Meninggal dunia setelah sepekan dirawat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (11/9).

Mendiang KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur sempat membuat lelucon tentang beberapa orang presiden Indonesia yang dianggapnya diluar kebiasaan presiden lain.

Lelucon Gus Dur itu disampaikannya pada pertemuannya dengan Presiden Kuba, Fidel Castro.

Dilansir dari Merdeka.com Kisah ini terjadi pada 2000 lalu di Hotel Melia Havana, ketika Gus Dur bertemu dengan Presiden Kuba Fidel Castro. Selain menggunakan sendal jepit, Gus Dur juga mampu membuat Castro terpingkal-pingkal.

Kisah ini diceritakan mantan Kepala Protokoler Istana Wahyu Muryadi dalam beberapa acara di televisi. Wahyu saat itu mendampingi Gus Dur bersama rombongan datang ke Havana untuk menghadiri acara KTT Non Blok.

Castro mendadak datang ke hotel tempat Gus Dur menginap. Uniknya, Gus Dur waktu itu masih memakai sandal jepit. Kedatangan Castro jelas membuat Gus Dur panik. Dia bergegas mengenakan celana panjang. Namun, Gus Dur tak sempat memakai sepatu.

Setelah membahas sesuatu yang serius terkait KTT Non Blok selama 30 menit, Gus Dur dan Castro pun beradu lelucon. Ketika bertemu Castro, Gus Dur menyampaikan lelucon tentang presiden-presiden Indonesia yang gila.

Menurut Gus Dur, presiden RI pertama gila wanita, presiden RI kedua gila harta, dan presiden RI ketiga gila teknologi. “Terus presiden yang keempat, coba Pak Castro tebak,” kata Gus Dur saat itu. “I don’t know,” jawab Castro.

“Kalau saya ini yang memilih orang-orang gila,” kata Gus Dur. Saat itu Castro yang selalu berpenampilan dengan janggut panjangnya itu langsung terpingkal-pingkal.


Share: