Dituntut Dua Tahun, Kuasa Hukum Gus Nur Sebut Tuntutan JPU Tidak Sesuai Fakta

Dituntut Dua Tahun, Kuasa Hukum Gus Nur Sebut Tuntutan JPU Tidak Sesuai Fakta

05/09/2019 0 By Redaktur: Junaedi S
Share:

XTREMPOINT.COM – Sugi Nuraharja alias Gus Nur dituntut 2 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Oki Muji Astuti. Pembacaan tuntutan itu dibacakan JPU di Ruang Sidang Pengadilan Negeri Surabaya, Kamis (5/9).

Jaksa meminta hakim yang memeriksa perkara ini agar menjatuhkan vonis bersalah pada Gus Nur, sebagaimana diatur dalam Pasal 45 ayat (3) Juncto Pasal 27 ayat (3) Undang-Undang ITE.

“Kepada majelis hakim yang memeriksa perkara ini, (supaya) menjatuhkan pidana kepada terdakwa Sugi Nurraharja selama 2 tahun”kata OKI.

Dikesempatan yang sama, kuasa hukum Gus Nur, Andry Ermawan menilai tuntutan yang dibacakan JPU tidak berdasarkan fakta hukum.

Ketua tim advokasi FPI ini menandaskan, jika tuntutan yang diajukan JPU tidak memuat keseluruhan fakta hukum yang terungkap selama persidangan, terutama keterangan ahli yang meringankan.

“Kalau kita melihat fakta hukum yang ada di persidangan, tuntutan tersebut sangat tinggi. Kita akan patahkan tuntutan tersebut dalam pledoi,” ujar Andry di Gedung PN Surabaya.

Tak hanya tim kuasa hukum yang akan mengajukan pembelaan, Gus Nur secara pribadi juga akan mengajukan pledoi dalam sidang yang akan dilanjutkan dua pekan mendatang.

Gus Nur dalam perkara ini dituduh melakukan pencemaran nama baik lewat vlog (Vidio) berjudul ‘Generasi Muda NU Penjilat’.

Gus Nur kemudian dilaporkan oleh elemen dari pemuda NU. Salah satu pelapor diketahui bernama Ma’ruf Syah yang tidak lain merupakan Wakil Ketua Tanfidziyah PWNU [email protected] [Rp/Jn].


Share: