China Musnahkan Ribuan Babi Terjangkit Virus Afrika

China Musnahkan Ribuan Babi Terjangkit Virus Afrika

03/06/2019 0 By Redaktur: Robert M
Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

XTREMPOINT.COM – Otoritas Cina akan memusnahkan 4.700 babi setelah virus babi Afrika menginveksi seekor hewan di rumah jagal yang dekat dengan perbatasan Cina. Hewan itu berasal dari sebuah peternakan di provinsi Guangdong, Cina selatan.

“Impor dari Cina daratan telah ditangguhkan hingga pemberitahuan lebih lanjut,” kata Sophia Chan, Sekretaris Departemen Makanan dan Kesehatan kota pada Jumat (31/05/2019) malam.

Baca:  Beijing Desak Washington Hormati Integritas Teritorial China

“Rumah pemotongan hewan yang dikelola pemerintah di Sheung Shui akan ditutup untuk pembersihan dan disinfeksi,” tambahnya.

Bulan lalu sekitar 6.000 babi dimusnahkan setelah virus terdeteksi pada babi yang diimpor dari peternakan di provinsi yang sama. Pasokan dari seberang perbatasan untuk sementara ditangguhkan selama seminggu selama disinfeksi rumah jagal.

Baca:  China Dan Rusia Sukses Lakukan Uji Coba Rudal Hipersonik

Daging babi adalah makanan pokok Cina. Untuk memenuhi kebutuhan, tak jarang hewan itu diimpor dari wilayah daratan lain.

Setelah virus babi Afrika menyebar di lebih dari setengah provinsi Cina tahun lalu, Hong Kong melarang impor dari peternakan-peternakan Cina yang terdeteksi virus.

Pejabat Cina mengatakan ratusan ribu babi dimusnahkan dalam upaya untuk menghentikan penyebarannya.

Sumber: Channel News Asia

Shares